Sunday, June 09, 2013

Bahasa SMS

Sumber : saktobek.blogspot.com

Langit malam ini sangatlah indah, ditemani sinar lembut cahaya bulan, gue saat ini duduk ditepi pintu, memandangi langit untuk gue makan, semua itu terlihat hebat, tapi itu karena gue laper, kalo gak mungkin bulan gak mungkin gue makan.

Apa kibarnya ni cahabat Wortel [Kenapa tulisan gue Alay], mungkin saja ini pengaruh dari posting gue malem ni, gue udah kebelet banget mau cerita ini, karena setiap hari gue menemukan bahasa yang disalah gunakan, dalam tulisan, untuk menunjukkan maksud dari apa yang dituliskan.

Gue udah hampir setiap hari menerima SMS yang sangat sulut untuk dibaca, wajar saja negara kita masih berkembang, bahasa saja gak konsisten, dan malah kalo bisa disingkat-sesingkat mungkin, gue juga gak tau 10 tahun kedepan, contonya orang SMS masa depan.

‘Dimana Kamu.’ 10 tahun kemudian ‘Dn Ku?.’

Gue sering banget gak ngerti dengan gaya bahasa SMS temen-temen gue, hampir rata-rata mereka menggunakan gaya bahasa yang sama tapi tidak sesuai dengan EYD [Itu lo ketentuan bahasa], mereka semua gue tau pernah belajar huruf, tapi entah kenapa sesuai berjalannya waktu, semua ingin dijadikan sesingkat mungkin, kalo aja, seperti contoh diatas, siapa yang baca, kalo gue udah kakek-kakek nanti, gue juga jadi gak tau.

Gue rasa dunia ini sudah berubah, dulu sepi-sepi aja, sekarang kok rame banget [Berkembang ya], tapi seharusnyakan tidak seburuk ini, tulisan anak-anak ABG dan Remaja sekarang memang sangat absurd, dan sulit untuk diterjemahkan, terkandang temen gue SMS gue, dia marah-marah.

‘Ar, k3np4 ciH L4m4 Blzny4?’ SMS temen gue

Gue bales ‘Gue gak ngerti Begok!!!.’'

Ya kalo SMSnya kek gitu, gue butuh satu jam untuk menerjemahkan, gue bukan alay, jadi bukan urusan gue mengomentari habitat kalian, sadarlah, gue itu SMS biasa aja, seperti bahasa singkatan, biasa aja, gak perlu berlebihan dan gue gak ngerti soal singkatan hiperbola kalian.

Gue juga kadang jadi bingung sama orang yang nulis SMS itu bermakna panjang, tapi terlihat cuek, sebenarnya dia hanya ingin mencari perhatian, dan mendapatkan balasan SMS, gue aja kadang udah SMS panjang, tapi dibales super singkat banget, misalnya tadi siang gue nanya tugas sama temen.

SMS gue : ‘Sob, gimana tugas kita? Udah siap apa belom, gue harus nyari bagian mana? Gue bingung ni, kata kuncinya apa?’

Replay SMS gue dari temen : ‘Iya, cari aja yg ketemu.’

Itu menurut gue, kecebong anyut banget, apalagi udah ngetik banyak karakter cuman dibalas “Ya titik 3x.” 

Itu betek banget gue, nah ada lagi kalo SMS sama cewek yang ingin mengucapkan sesuatu yang banyak, tapi demi menjaga kemahalannya, sok cuek, itu betek banget.

‘Malem, lagi ngapain?’ SMS gue

‘Gi du2k.’  Balasannya

‘Ooo [Berusaha akrab] udah makan apa belom ni?.’ Gue SMS lagi

‘Udh kok.’ Balasannya

‘OOOO [Mulai betek] udah makan, udah duduk, udah pernah gue tonjok apa belom???’ gue langusng pura-pura mati

‘Titik 3x.’

Itu SMS yang paling gue benci banget, boleh aja cuek, tapi gak harus seekstrim itukan, sebenarnya orang yang seperti itu mereka memiliki dua pilihan yang membingungkan dalam jalan pikiran mereka, yaitu :

Tetep di SMS

Gak akan di SMS lagi

Setelah mereka mendapatkan keputusan dari dua pilihan tadi, jika “Tetap di SMS” mereka akan garuk-garuk tembok sambil goyang itik, tapi kalo sebaliknya, mereka akan ketoilet, dan menentukan mau pipis atau cuci kaki dan terus tidur.

Masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam bahasa SMS yang terbilang relatif absurd, kata yang jarang digunakan pada kalimat, dipaksakan untuk digunakan, dan dipaksa untuk sama arti katanya, gue kalo baca tulisan orang-orang seperti ini, bisa antara jijik sama mau banting kucing gue.

Nih kita lihat gaya SMS yang pernah gue dapet dari temen gue.

Gax papa Kox = Gak apa-apa kok

Malez ajha = Males aja

Eaaa = Iya

U/ = Untuk

Garing = Garis Miring

Coznya = Soalnya

Gx theh = Gak deh

Aqu = Aku

Qta = Kita

Nah, itulah gaya SMS yang sering gue dapet, gue juga bingung kadang, ada yang ekstream banget, udah gayanya mirip diatas, dan setiap hurup “A” diganti dengan angka “4” gue bingung bacanya, kadang gue gak bales, bukan sombong, tapi itulah yang gak bisa gue fahami.

Mungkin campek dicini ajha dulu eaaa, gue udh capek nih [Kan gue jadi keikut], ternyata gue sengaja aja nulisnya susah, apalagi yang baru baca, ya kalo gue yang baca masih gaul, kalo kakek-kakek, gimana, gak mungkin kakek SMS “Nak, entar krmh Xaxex Eaaaa” gak mungkin kan!!!!.

Ya mungkin cukup sampai disini cerita gue kali ini, gue besok mau perang sama LEMBARAN SOAL UJIAN, mohon doanya, tetep Tulisan Wortel akan terus update, selama perjalanan ujian. Buat yang punya gaya SMS lain, monggo tulis dikomentar ya.


8 comments:

  1. Hahaha. Memang bahaya gan, virus alay tu, ditunggu post barunya

    ReplyDelete
  2. baca keduakalinya ,, mataku bisaa ilang .

    ReplyDelete
  3. Kenapa kok gitu sob, gak nyangka aja ni, hahaha jga mata sob, klo perlu diiket yang kuat.

    ReplyDelete

Thank's lho udah mampir dan nyempetin baca artikel, tutorial, dan unek-unek di tulisanwortel.com, komentarnya jangan lupa ya..

Silahkan koment, sharing, curhat, mau biro jodoh juga bisa, yang penting jangan pada ngirim SPAM dan yang berbau Vulgar ya.

ttd @HeruAryaa [Pangeran Wortel]

© 2011 - 2014 Tulisan Wortel - Bukan Wortel Biasa | Design by @HeruAryaa | Powered by Blogger